Mei, AS Pindahkan Kedubes ke Al Quds

Eramuslim – Pemerintah Donald Trump dilaporkan akan memindahkan kedutaan Amerika Serikat dari Tel Aviv ke kota Al Quds pada tanggal 14 Mei mendatang. Hari dimana penjajah Israel didirikan dan secara resmi diakui oleh Washington pada tahun 1948, lansir Anadolu, Jumat (23/2).

“Kami berencana untuk membuka Kedutaan Besar AS yang baru ke Israel di Al Quds pada bulan Mei. Pembukaan kedutaan akan bertepatan dengan ulang tahun Israel yang ke 70,” ujar juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert dalam sebuah pernyataan tertulis.

Heather mengatakan bahwa kedutaan tersebut pada awalnya akan berlokasi di lingkungan Arnona di Al Quds, dengan melengkapi fasilitas konsulat AS yang ada untuk mengeluarkan visa dan untuk urusan diplomatik lainnya, ia akan sementara diubah menjadi kedutaan.

Kompleks kedutaan di Tel Aviv masih akan berfungsi sebagai konsulat AS dan akan menjadi cabang kedutaan Amerika Serikat di Al Quds.

Sebagaimana diketahui, bahwa rancana pemindahan Kedutaan Besar AS ke Al Quds telah ditentang oleh dinia internasional, dan PBB sendiri telah mengelaurkan resolusi yang menentang keputusan itu. (Hi/Ram)