Catatan Palestina Tahun 2016 (Bag.II)

anak-palestina-peaceEramuslim – Setelah membahas 3 catatan besar penjajah Zionis Israel terhadap Palestina dalam artikel sebelumnya. Kali ini redaksi Eramuslim akan mengkaji sejumlah catatan besar lainnya yang terjadi sepanjang tahun 2016 kemarin.

Apa saja kejadian besar tersebut? Berikut ulasannya:

Yahudisasi Al Quds

1. Membangun proyek yahudisasi di lingkungan kota Al Quds, terutama “merubah wajah Al Quds” dengan total lahan seluas 211 dunum yang berada di pintu masuk sebelah barat kota. Proyek ini ditunjang dengan pembangunan sinagog “Rumah Permata” di sebelah barat Al Aqsha dengan luas bangunan 3 ribu meter persegi.

2. Pembangunan lebih dari 19 ribu unit perumahan Yahudi di kota Al Quds, di samping melakukan penggalian proyek terowongan di sekitar Masjid Al-Aqsha dan mengubah landmark kota.

3. Pembatasan bagi warga Palestina di Al Quds dengan memberlakukan pajak yang tinggi, denda, penyitaan rumah, serta mendirikan hambatan untuk mencegah warga mengakses Masjid Al-Aqsa.

Tahanan dan Korban Terluka

1. Sepanjang tahun 2016 sebanyak 3.230 warga Palestina terluka oleh penjajah Zionis Israel, dengan seribu orang diantaranya adalah anak-anak.

2. Jumlah penangkapan sepanjang tahun kemarin mencapai angka 7 ribu orang lebih dari wilayah Tepi Barat, Al Quds dan Jalur Gaza, termasuk 1.240 anak-anak dan 151 perempuan.

Penghancuran Rumah

Dalam 1 tahun penjajah Zionis Israel menghancurkan sedikitnya 1.023 rumah dan bangunan di wilayah Tepi Barat dan Al Quds, serta menerbitkan pemberitahuan pembongkaran ke lebih dari 657 rumah dan fasilitas. (Skynewsarabia/Ram)