Detik-detik Muslim Palestina Bentrok Lawan Israel di Malam Lailatul Qadar

Israel mengatakan pihaknya meningkatkan pasukan keamanan pada Sabtu untuk mengantisipasi konfrontasi lebih lanjut di Yerusalem, Tepi Barat yang diduduki dan Gaza setelah bentrokan sengit meletus malam sebelumnya di Masjid Al-Aqsa.

Seorang pejabat Palestina mengatakan Mesir menengahi antara kedua belah pihak untuk mencegah eskalasi lebih lanjut dan kekerasan Sabtu tampak kurang menonjol daripada peristiwa Jumat.

Pada Jumat, polisi menembakkan peluru karet dan granat kejut ke arah pemuda Palestina yang melempar batu ke masjid di tempat suci suci baik Muslim dan Yahudi.

Setidaknya 205 warga Palestina dan 18 perwira Israel terluka dalam konfrontasi Jumat, yang menuai kecaman internasional dan seruan untuk tenang.

Bentrokan meletus setiap malam di Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur – lingkungan di mana banyak keluarga Palestina menghadapi penggusuran dalam kasus hukum yang sudah berjalan lama. Polisi mengatakan puluhan pengunjuk rasa melemparkan batu ke petugas di sana pada Sabtu.

Warga Palestina bereaksi ketika polisi Israel menembakkan granat setrum selama bentrokan di kompleks Masjid Al Aqsa, di Yerusalem, (7/5/2021). Ahmad GHARABLI / AFP

Komisaris Polisi Yaakov Shabtai mengatakan petugas tambahan dikerahkan di Yerusalem pada Sabtu untuk “memungkinkan kebebasan beribadah dan menjaga ketertiban dan keamanan.”

“Pada saat yang sama, kami tidak akan mengizinkan kerusuhan dengan kekerasan, pelanggaran hukum atau melukai petugas polisi. Kami meminta semua orang untuk menenangkan semangat dan kekerasan, terutama pada hari yang penting bagi agama Muslim,” kata Shabtai dalam sebuah pernyataan.

Militer Israel mengatakan sedang meningkatkan pasukan di Tepi Barat dan dekat Jalur Gaza, di mana warga Palestina telah mengirim balon pembakar ke perbatasan, memicu kebakaran semak di wilayah Israel.

Seorang juru bicara militer mengatakan pasukan tambahan di sana sebagian besar akan menjadi pasukan pemadam kebakaran.