Diam-Diam AS-Mesir-Zionis Israel-Jordania Gelar Pertemuan Rahasia Bahas Isu Palestina

Eramuslim – Surat kabar berbahasa Ibrani “Haaretz” mengungkapkan adanya pertemuan rahasia antara pemimpin Mesir-Zionis Israel-Jordania dalam rangka mencari solusi perdamaian Palestina-Israel di bawah mediasi Amerika Serikat pada tahun 2016 kemarin.

“Perdana Menteri Zionis Israel Benjamin  Netanyahu, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, Raja Yordania Abdullah dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah bertemu di resor Laut Merah Aqaba, Yordania, pada 21 Februari 2016 kemarin,” ujar pejabat senior di pemerintahan Barack Obama yang minta dirahasiakan identitasnya.

Pejabat tersebut melanjutkan, “Pertemuan ke 4 negara ini bertujuan untuk menggelar pertemuan puncak di kawasan regional berbicara mengenai perdamaian Israel-Palestina. Akan tetapi itu semua gagal pada akhirnya setelah Netanyahu menarik ide tersebut.”

Pejabat AS menekankan bahwa Presiden Palestina Mahmoud Abbas tidak menghadiri pertemuan Aqaba tapi diwakili oleh Menlu AS John Kerry.

Informasi yang diperoleh Haaretz menyatakan bahwa penarikan dukungan Netanyahu dalam pertemuan kuartet dikarenakan penarikan dukungan dari anggota koalisi sayap kanan Knesset Zionis Israel atas upaya perdamaian tersebut. (Memo/Ram)