Giliran Israel Bertingkah, Kerry : Palestina, Jangan Reaksi Negatif dan Provokasi Masalah

kerryGiliran Israel yang bertingkah , Menteri Luar Negeri AS John Kerry mendesak Palestina “tidak bereaksi negatif” atas “Ngeyelnya”  Israel dengan mengumumkan melanjutkan  membangun pemukiman baru, dan menekankan pentingnya kembali ke pembicaraan damai.

Dialog perdamaian yang telah terhenti selama  tiga tahun lalu, dan persetujuan hampir 800 unit rumah di Jerusalem timur  dan sekitar 400 unit rumah di tempat lain di Tepi Barat pada hari Minggu , membuat marah Palestina.

Rencana itu segera diikuti oleh Israel dengan mengumumkan bahwa mereka akan merilis 26 tahanan Palestina veteran menjelang dimulainya kembali pembicaraan damai pada hari Rabu di Yerusalem.

Seperti beberapa menteri Israel mengecam pembebasan tahanan pemerintah, Palestina mengecam rencana pemukiman, yang Washington dan Uni Eropa mengatakan Senin yang mereka lakukan adalah ilegal dan merugikan upaya perdamaian.

Pembicaraan perdamaian terakhir di tahun 2010 terhenti karena adanya isu pembangunan permukiman.

Kerry, dalam perjalanan ke Kolombia, berusaha untuk menetralisir suasana, mencatat bahwa rencana pembangunan Israel adalah “beberapa hal yang akan didiskusikan,” dan menyerukan kedua belah pihak untuk segera menyelesaikan isu-isu utama mereka.

“Kita sudah tahu bahwa  akan ada yang menjadi kelanjutan dari beberapa pembangunan unit rumah di tempat-tempat tertentu, dan saya pikir orang-orang Palestina akan mengerti,” katanya berusaha mengakomodir langkah langkah yang dilakukan Israel.

Kerry, yang memimpin dalam mengamankan kembalinya  pembicaraan damai, mengatakan ia tidak mengharapkan perkembangan terbaru untuk menjadi “polisi tidur”, tapi ia menegaskan bahwa Amerika Serikat menganggap semua permukiman adalah  ilegal.

” Ini menegaskan, sebenarnya, adalah pentingnya semua pihak menuju ke meja perundingan … cepat, yang paling baik diselesaikan adalah memecahkan masalah keamanan dan perbatasan, “kata Kerry kepada wartawan di Bogota.

“Setelah Anda memiliki keamanan dan perbatasan dapat diselesaikan, berikutnya  Anda akan memecahkan masalah pemukiman. Dan  saya mendesak semua pihak untuk tidak bereaksi negatif atau memprovokasi …

Rusia menggambarkan tindakan Israel sebagai “langkah kontraproduktif yang merumitkan suasana pembicaraan”.

Namun juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersikeras bahwa unit pemukiman baru itu  (berada) “di daerah yang akan tetap menjadi bagian dari Israel dalam kesepakatan perdamaian di masa depan”. (Arby/Dz)