Hamas : Pemerintahan Netanyahu Sebuah Contoh Rasisme Israel

Hamas menggambarkan pemerintah baru Israel yang dipimpin oleh Benjamin Netanyahu  sebagai salah satu manifestasi dari keseluruhan rasisme Israel.

Juru bicara Hamas Fawzi Barhoum mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Tidak ada perbedaan antara pemerintah Israel saat ini dengan yang lalu, kami telah merasakan semua pemerintahan mereka itu. Pemerintahan yang dipimpin Netanyahu saat ini mencerminkan sikap umum masyarakat Zionis Israel. Sikap yang rasis, dengan rumusan-rumusan ekstrimis, dan hal ini yang paling nyata dari pemerintahan Netanyahu dengan agenda-agenda ekstrimisnya serta penyangkalan terhadap hak-hak bangsa Palestina. Hal ini juga tampak jelas dalam kelalaian dari komitmen sebelumnya yang ditandatangani oleh pemerintah Israel."

Barhoum menekankan perlunya front terdepan dari rakyat Palestina untuk melestarikan hak-hak warga Palestina dengan dukungan dari negara-negara Arab.

Netanyahu secara resmi mengambil kekuasaan Israel Rabu pagi kemarin setelah dia disumpah jabatan di kabinetnya pada Selasa malam.

Pemerintahan Netanyahu terdiri anggota-anggota sayap kanan radikal Israel dan sejumlah pemukim.

Netanyahu adalah pemimpin dari sayap kanan partai Likud. Dia juga pernah menjabat sebagai perdana menteri Israel dari 1996 hingga 1999.(fq/mna)