Haniyah Janji Bangun Kembali Masjid dan Rumah di Gaza

Perdana Menteri Palestina dari Hamas, Ismail Haniya berjanji akan membangun kembali semua rumah dan masjid yang rusak akibat agresi brutal Israel ke Jalur Gaza bulan Januari lalu.

Haniyah mengungkapkan hal tersebut dalam ajang pertemuan dengan para keluarga syuhada, keluarga yang kerabatnya mengalami luka-luka dan keluarga para tahanan di utara Gaza. Pada kesempatan itu, ia meminta warga Gaza untuk tetap teguh, bertahan dan loyal pada pemerintahan Hamas dalam menghadapi agresi Zionis Israel.

Haniyah mengkritik konferensi internasional yang digelar dengan dalih menggalang bantuan dana untuk rakyat Gaza. Ia mengingatkan, dukungan dana itu pada akhirnya akan disalurkan ke pihak-pihak yang sebenarnya jauh dan tidak merasakan penderitaan warga Gaza.

Menurut Haniyah, dukungan finansial cuma tipuan politik karena ujung-ujungnya harus ada konsesi yang harus dibayar oleh rakyat Palestina berupa tanah, kedaulatan Palestina dan kota Yerusalem. "Kita memang cuma punya sedikit uang, tapi kita punya martabat dan harga diri yang tinggi. Kita juga punya orang-orang yang mampu memindahkan gunung-gunung jika mereka mau," tegas Haniyah. (ln/pic)