Ini Pandangan Steven Hawking Tentang HAMAS

Eramuslim ā€“ Meskipun meninggal dalam keadaan tidak percaya tuhan, fisikawan asal Inggris penemu teori Big Bang ini ternyata menunjukan sikap dukungannya terhadap perjuangan Hamas melawan penjajah Zionis Israel, serta turut memboikot produk Yahudi, seperti diliris majalah Midel East.

Membicarakan ilmuan Steven Hawking tak hanya karena kepakarannya, tetapi juga dukungan kuatnya bagi perjuangan Palestina, seruannya menghentikan perang di Suriah dan mengangap langkah memerangi Irak penuh dengan kebohongan.

Majalah Inggris menyebutkan, tahun 2013 Hawking keluar dari konferensi terkait masa depan Israel di al-Quds, keputusannya itu karena menghormati langkah pemboikotan atas nasehat sejumlah akademisi Palestina.

Para aktifis peduli Palestina menyebutkan bahwa Hawking mendukung gerakan pemboikotan Israel, dan menarik investasi serta menerapkan sanksi bagi Israel di level internasional, dalam rangka pemboikotan ekonomi, budaya dan akademi Israel, serta menuntut diakhirinya pendudukan Israel terhadap wilayah Palestina.

Di lain pihak, para pendukung Israel mengecam sikap Hawking, jubir kemenlu Israel menyebutkan, tak pernah ada satupun ilmuwan dengan kedudukan seperti ini melakukan pemboikotan terhadap Israel.

Ketua Konferensi Israel, Maimon dalam keterangannya terkait hengkangnya Hawking menyatakan, pemboikotan akademisi terhadap Israel sangat tidak benar, terutama orang yang memiliki spirit kebebasan dalam menyampaikan pesan kemanusiaan dan akademis.