Israel Usir Warga Palestina Di lembah Jordan

ein hejlehPuluhan warga Palestina terluka setelah terlibat bentrok dengan pasukan militer Israel pada Jum’at (07/02) pagi waktu setempat.

Menurut keterangan saksi mata yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan “pasukan militer Israel menyerbu para demonstran yang menginap dan mendirikan tenda di desa Ein Hejleh Jordan Valley.”

Saksi mata menambahkan “sejak Kamis malam tentara Israel telah mengepung tenda-tenda yang didirikan para aktivis di wilayah Ain Hejleh yang terkenal dengan sebutan ‘Garam Dunia’.”

Tentara Israel menggunakan pentungan, gas air mata dan bom kejut untuk membubarkan para demonstran yang mendirikan tenda darurat, sedikitnya puluhan orang terluka akibat tindakan represif tentara Israel tersebut.

Israel mengklaim daerah ini sebagai bagian dari wilayah mereka dan telah melakukan pengusiran dan penghancuran bangunan milik penduduk asli sejak 2 tahun lalu.

Perlu diketahui bahwa sepertiga wilayah desa Ein Hejleh di Lembah Jordan masuk ke dalam wilayah Palestina di tepi Barat, akan tetapi pemerintah Israel merampas wilayah ini dan menjadikannya sebagai zona penyangga militer yang tidak diperbolehkan untuk dijadikan tempat tinggal. (Skynewsarabia/Ram)