Kaleidoskop Gerbang Perlintasan Rafah di Sepanjang Tahun 2015 (Bag.2)

jamaah hujaj asal gazaEramuslim – Setelah membahas 13 hari dibukanya pintu perlintasan Rafah oleh pemerintah kudeta Mesir pada semester pertama tahun 2015 kemarin, di bagian kedua kali ini redaksi akan membahas kapan pemerintah Sisi kembali membuka perlintasan Rafah.

Kapan dan bulan apa saja? Berikut penelusurannya untuk anda;

Tanggal 26 Mei 2015, pemerintah kudeta membuka perlintasan Rafah selama 1 hari hanya untuk memasukan 507 orang warga Palestina yang tertahan disisi perbatasan Mesir.

Berlanjut di tanggal 17 Agustus dimana negara Indonesia tengah bersuka cita merayakan hari kemerdekaannya, akan tetapi disisi lain bangsa Palestina di Jalur Gaza hanya dapat menikmati kebebasan untuk berhubungan dengan dunia luar hanya selama 4 hari.

Dalam kurun waktu ini sebanyak 2.761 orang bertolak ke Mesir, dan sebanyak 3.278 orang lainnya kembali ke wilayah Jalur Gaza.

Adapun mereka yang ditolak pengajuan izin masuknya mencapai 148 aplikasi.

Tidak dapat berpergian ke tanah suci Makkah karena turut diboikot oleh rezim kudeta Sisi, di Musim haji tahun 2015 jamaah calhaj Palestina di Jalur Gaza hanya dapat berangkat menuju tanah suci pada tanggal 9,10, dan 17 September.

Dalam kurun waktu 3 hari ini ada sebanyak 2.761 jamaah yang bertolak ke kota Makkah untuk melaksanakan rukun Islam yang ke 5.

Adapun di akhir 30 September sebanyak 500 Hujaj asal Jalur Gaza Palestina diperbolehkan melintasi gerbang Rafah untuk kembali ke kampong halaman mereka. (Rassd/Ram)