Ketika Cina ‘Pasang Badan’ untuk Palestina

Eramuslim.com – China ‘pasang badan’ untuk melindungi hak-hak Palestina atas wilayahnya. Negeri tirai bambu ini mengecam keras rencana pencaplokan Zionis-Israel atas wilayah Tepi Barat. Dukungan ini disampaikan oleh Duta Besar China untuk Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) ketika berbicara di komunitas internasional tentang rencana aneksasi Zionis-Israel.

Seperti surat kabar Zionis-Israel haaretz, Rabu (22/7/2020) China “sangat prihatin dengan laporan rencana pencaplokan sebagian wilayah Palestina yang diduduki Israel,”. Hal ini disampaikan oleh Duta Besar China Zhang Jun di Dewan Keamanan PBB yang memberikan pengarahan tentang situasi di Timur Tengah.

“Rencana semacam itu, jika dilaksanakan, akan secara serius melanggar hukum internasional dan resolusi PBB yang relevan, dan mengganggu solusi dua negara. Kami mendesak pihak terkait untuk menahan diri dari mengambil tindakan sepihak, dan melakukan yang terbaik untuk mengurangi konflik dan ketegangan,” kata Zhang Jun.

“Juga posisi tegas kami bahwa tidak ada negara yang seharusnya mendukung tindakan sepihak,” kata Jun menambahkan.

Menurutnya, penting untuk menghentikan kegiatan permukiman di kawasan itu dan pembongkaran struktur Palestina.

“Sama pentingnya untuk menghentikan kegiatan permukiman, pembongkaran struktur Palestina, dan kekerasan terhadap warga sipil,” ujarnya.