Layang-Layang Api Palestina Bikin Zionis Israel Kewalahan

Eramuslim – Warga Palestina punya cara terbaru dalam melawan agresi dan pembantaian yang dilakukan Zionis Israel. Bermodalkan layang-layang, rupanya mainan yang juga kerap diterbangkan anak-anak di Indonesia ini sudah dapat membuat Tel Aviv kewalahan menghadapinya.

Dilansir Reuters, Jumat (8/6), warga Palestina mengirimkan layang-layang ke wilayah Israel sebagai aksi balasan pendudukan. Eit bukan layang-layang biasa, melainkan mainan ini telah dirancang untuk dapat membakar lahan pertanian dan hutan di Israel.

Dilansir dari media Israel, Times of Israel, sudah ada 600 balon dan layang-layang yang dikirim ke wilayah perbatasan diJalur Gaza. Sekitar 400 di antaranya berhasil dihalau oleh tentara militer. Sementara 198 lainnya memicu kebakaran di sejumlah lahan.

Hampir 4.300 hektar tanah di sisi Israel dari perbatasan Gaza terbakar akibat layang-layang tersebut. Untuk menghalau aksi perlawanan layang-layang itu, Israel menerbangkan drone ke sejumlah wilayah.

Kini aksi perjuangan tersebut meluas tak hanya di Jalur Gaza saja tapi hingga ke Tepi Barat. Layang-layang itu diterbangkan di atas permukiman Matan, Yarhiv dan Nirit, tiga komunitas Yahudi di Tepi Barat dekat kota Kfar Saba di Israel tengah.

Salah seorang warga Palestina bernama Shadi mengatakan, aksi mengirim teror layang-layang ke Israel itu merupakan aksi spontan. Mereka tidak pernah mengira akan berhasil.