Layangan Api, Senjata Baru Pejuang Kemerdekaan Palestina

Eramuslim.com – Palestina menggunakan taktik baru untuk membakar lahan pertanian dan hutan di kawasan Israel. Taktik itu adalah dengan mengirim layang-layang yang menggantungkan bara api, sehingga ketika jatuh, akan menjatuhi sekitar 2.250 hektar lahan.

Dilansir dari Reuters, setidaknya ada sebanyak 120 orang Palestina yang telah dibunuh oleh pasukan Israel selama demonstrasi massa di sepanjang sejak 30 Maret lalu. Orang-orang yang mengirim layang-layang di pagar mempercayai, layang-layang itu merupakan sebuah senjata baru yang sangat efektif.

“Ide senjata itu dimulai secara spontan. Kami tidak pernah berpikir kami akan mencapai hasil yang baik seperti itu,” kata salah satu dari lima remaja Palestina, Shadi (19 tahun) yang menyiapkan layang-layang dengan kain yang dicelupkan ke dalam solar dan minyak pelumas di sebuah ladang Gaza.

Dia mengatakan, idenya sederhana, yakni dengan menggunakan alat yang paling sederhana untuk menyebabkan kerusakan dan kerugian pada Pendudukan (Israel), kata Shadi. Sama dengan yang lain, dia juga menolak memberikan nama belakangnya.

Tidak ada yang terluka oleh kebakaran itu, tetapi sekitar 2.250 hektar (910 hektar) ladang dan cagar alam, yang sudah kering setelah musim dingin yang kering, telah terbakar oleh api yang dipicu oleh angin Mediterania. Pemerintah Israel sendiri mengkonfirmasi kabakaran itu menyebabkan kerugian hingga 2.5 juta dolar AS.