Otoritas Palestina Berusaha Cegah Armada Kapal Masuk ke Gaza

Sumber dari pejabat senior otoritas Palestina mengungkapkan bahwa pihak otoritas Palestina di Ramallah yang dipimpin oleh Mahmud Abbas telah menyerukan kepada sejumlah negara-negara Arab dan negara di wilayah regional untuk memblokir rombongan kapal yang akan menuju ke jalur Gaza yang dijadwalkan akan tiba akhir bulan ini.

Sumber tersebut mengatakan kepada PIC pada hari Selasa (18/5) bahwa pihak otoritas Palestina telah mengirim beberapa surat kepada negara-negara Arab di kawasan tersebut termasuk ke negara Turki, menuntut agar tidak mengizinkan kapal yang akan menjalankan misi kemanusiaan ke jalur Gaza, berlayar menuju pantai Gaza dan menuntut agar Turki mendukung Palestina lewat kekuatan saja.

Sumber itu menekankan bahwa pihak otoritas Palestina marah atas aksi yang dilakukan oleh koalisi yang akan memecahkan pengepungan Gaza lewat program Free Gaza dengan menggunakan kapal laut.

Dia menambahkan bahwa kekuatan yang berkuasa di Ramallah, juga menyampaikan pesan serupa kepada Kementerian Luar Negeri Turki, yang mengatakan Turki jika ingin memberi bantuan ke Gaza secara teratur harus melalui otoritas Palestina. (fq/islamtoday)