Pria Palestina Serang Tel Aviv Sendirian, 5 Warga Israel Tertembak


Eranuslim.com – Seorang pria bersenjata Palestina melepaskan tembakan di jalan yang ramai di pusat kota Tel Aviv, Israel, pada Kamis (9/2/2023) malam.

Serangan ini melukai lima orang sebelum pelaku ditembak dan dibunuh, kata pejabat Israel, dikutip dari Al Mayadeen (9/3).

Penembakan itu terjadi beberapa jam setelah serangan militer Israel menewaskan tiga militan Palestina di Tepi Barat.

Insiden itu adalah kekerasan terbaru dalam gelombang pertempuran Israel-Palestina selama setahun terakhir, yang tidak menunjukkan tanda-tanda akan menurun.

Penembakan Tel Aviv terjadi di Dizengoff Street, jalan raya populer yang dipenuhi toko dan restoran. Kota itu dipenuhi orang pada Kamis malam.

Sebuah gambar di media sosial menunjukkan, penyerang berdiri di tengah jalan sambil menodongkan pistol.

Layanan penyelamatan MADA mengatakan salah satu yang terluka berada dalam kondisi kritis, sementara pihak berwenang mengatakan pasukan keamanan di daerah itu dengan cepat membunuh penembak.

Rekaman dari kamera keamanan di dalam sebuah restoran menunjukkan pria bersenjata itu mendekati tiga pejalan kaki dari belakang di trotoar di seberang jalan.

Dia menembak satu orang di kepala, meninggalkannya tak bergerak di tanah, sementara dua pejalan kaki lainnya melarikan diri.

Video amatir yang tampaknya diambil beberapa saat kemudian menunjukkan penyerang terjebak di sebuah gang ketika beberapa orang Israel bersenjata mengejarnya.

Seorang pria terdengar berteriak “tutup jendela” kepada seorang penduduk.

Saat tersangka berlari keluar dari gang, dia ditembak beberapa kali.

Puluhan polisi dan penyelamat bergegas ke tempat kejadian, yang kemudian ditutup dengan cepat.

Setelah operasi tersebut, media Israel melaporkan bahwa Menteri Keamanan Israel Yoav Gallant mengarahkan pasukan pendudukan Israel untuk menghancurkan rumah eksekutor dan menangkap keluarga dekat dan teman dekatnya.

Faksi-faksi perlawanan Palestina memuji operasi itu, dengan mengatakan operasi itu menggarisbawahi “kesiapan rakyat Palestina untuk dengan cepat dan tegas menanggapi terorisme dan agresi pendudukan.”

Terungkap bahwa pelaku serangan bernama Al-Moataz Bellah Al-Khawaja dari Ramallah, dan gerakan perlawanan Hamas memuji martir tersebut dan “operasi heroiknya” berjanji akan ada lebih banyak lagi yang akan datang.

Hamas mengatakan “operasi itu adalah tanggapan alami terhadap pembunuhan yang terjadi di Jabaa dan pembantaian yang terjadi di Jenin.”

“Penembakan di Jalan Dizengoff di pusat kota Tel Aviv adalah tanggapan awal terhadap kejahatan Israel, yang terbaru adalah pembunuhan tiga pemuda di Jabaa, Jenin,” kata juru bicara Hamas Abullatif Qanou.

“Operasi di Tel Aviv datang sebagai tanggapan atas kejahatan pendudukan Israel terhadap rakyat kami di Tepi Barat dan Al-Quds,” kata pejabat Hamas Daoud Shehab.

Operasi itu, tambahnya, adalah indikasi yang jelas tentang perubahan situasi karena “perang yang dilakukan oleh pemerintah fasis dan ekstremis di Tepi Barat dan Al-Quds.”

“Operasi heroik ini merupakan respons alami terhadap pembunuhan brigade pejuang kemerdekaan Al-Quds di Jabaa, Jenin, pagi ini,” kata juru bicara Jihad Islam Palestina untuk Tepi Barat, Tariq Ezzeddine.

Tiga pemuda Palestina menjadi martir oleh pasukan pendudukan Israel pada Kamis pagi ketika mobil mereka menjadi sasaran di Jabaa, Jenin, menyusul kampanye penggerebekan dan penyerangan di Tepi Barat dan Al-Quds.

Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan kesyahidan Sufian Al-Fakhouri, (30), Naif Ahmad Malaisha, (25), dan Ahmed Mohamed Fashafsha, (22), setelah mereka ditembak, oleh IOF, di dalam kendaraan mereka, di pintu masuk ke kota Jaba.

sumber: arrahmah