Resolusi Setengah Hati Uni Eropa Kepada Israel

uni eropaSebuah resolusi baru Uni Eropa berkaitan dengan pemukiman Yahudi di tanah Palestina, mendapat kecaman dan penolakan dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, menurutnya, Resolusi yang baru dikeluarkan Uni Eropa pada hari senin kemarin akan menghambat perundingan damai yang sedang dibangun.

Uni Eropa mengadopsi keputusan untuk membekukan kerja sama antara Uni Eropa dengan Israel, ini disebabkan sikap keras Isarel yang terus membangun pemukiman Yahudi di tanah Palestina, termasuk di dalamnya pemukiman di wilayah Jerussalem Timur.

Selain itu, Uni Eropa melarang semua negara anggotanya untuk bekerja sama atau memberikan aktivitas pendanaan kepada institusi yang berada di wilayah Palestina yang diduduki.

Larangan Uni Eropa juga mencakup penyediaan hibah dan bantuan beasiswa studi dan penelitian kepada elemen dan lembaga Israel.

Juru bicara Uni Eropa di Israel David Kris mengatakan, bahwa resolusi baru tersebut tidak mencakup entitas di Tepi Barat, Jalur Gaza dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Suriah, Resolusi ini hanya mencakup wilayah Palestina tahun 1976. (aljazeera/Zhd)