free hit counters
 

Roket-Roket Gaza, Persenjataan Rakitan yang Bikin Israel Kalang Kabut

Redaksi – Sabtu, 2 Syawwal 1442 H / 15 Mei 2021 16:00 WIB

Eramuslim.com – Mereka menyelundupkan bagian-bagian bahan bakunya atau membuatnya sendiri, dibantu cara pembuatannya dari Iran.

Mereka menggunakan kembali pipa-pipa yang diambil dari pemukiman Zionis-Israel yang ditinggalkan dan komponen yang diambil dari bekas bom Israel.

Roket-roket Gaza, Persenjataan Rakitan yang Membuat Israel Kalang Kabut

Mereka merakit roket di bawah tanah atau di lingkungan padat di mana serangan udara Zionis-Israel kemungkinan besar menyebabkan korban sipil.

Terlepas dari kemampuan pengawasan Israel yang dibanggakan dan daya tembak militer yang luar biasa di sebelahnya, militan Palestina di Gaza telah berhasil mengumpulkan persenjataan besar roket dengan jangkauan yang ditingkatkan dalam 16 tahun sejak Israel mengosongkan daerah kantong pantai yang diduduki setelah perang 1967 itu.

Hamas, yang menguasai Gaza sejak 2007 , telah menggunakan persenjataannya menjadi ancaman yang semakin mematikan, seperti yang terlihat dalam eskalasi pertempuran terbaru dengan militer penjajah Israel.

Sampai Kamis, para pejabat Israel mengatakan, Hamas telah menembakkan sekitar 1.800 roket.

Persenjataan itu tidak ada artinya jika dibandingkan dengan kekuatan penghancur yang sangat besar dari angkatan udara Israel.

Tetapi bagi orang Israel, roket adalah alat yang dianggap oleh negara mereka dan banyak negara lainnya termasuk Amerika Serikat sebagai organisasi teroris, yang tertanam di antara hampir 2 juta penduduk Palestina di Gaza.



Bagi banyak orang Palestina, roket melambangkan perlawanan sah mereka terhadap dominasi dan pendudukan Israel.

Berapa banyak roket yang berhasil dikumpulkan oleh Hamas dan sekutunya?

Intelijen Israel memperkirakan bahwa Hamas, Jihad Islam dan kelompok militan Palestina lainnya memiliki sekitar 30.000 roket dan proyektil mortir yang disimpan di Gaza.

Roket tersebut memiliki jangkauan yang sangat bervariasi dan tidak memiliki sistem panduan, tetapi para militan telah mampu meningkatkan keakuratannya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5

Berita Palestina Terbaru