free hit counters
 

Sejarah Hari Bumi Palestina (Bag.1)

zahid – Sabtu, 22 Jumadil Akhir 1437 H / 2 April 2016 08:45 WIB

sejarah Hari BumiEramuslim – Setiap tanggal 30 Maret warga Palestina memperingati apa yang saat ini kita kenal saat ini dengan nama “Hari Bumi Palestina”. Lalu apa itu Hari Bumi dan bagaimana sejarahnya hingga peristiwa di tahun 1976 diperingati warga Palestina?

Berikut sedikit informasi yang berhasil dikumpulkan Eramuslim:

1 Februari 1976

Sebelum terjadinya benterok massal ditanggal 30 Maret tahun 1976, mulai tanggal 1 Februari penjajah Zionis Israel mulai melarang warga Palestina untuk pergi ke lading mereka, khususnya di daerah Mal.

1 Maret 1976

Setelah 1 bulan sebelumnya melarang warga Palestina untuk pergi ke lading mereka. Di awal bulan ke 3 ditahun yang sama bocor sebuah dokumen rahasia yang berisi perintah kepada tentara Yahudi untuk mengusir paksa warga Palestina dari kota Hebron karena akan dijadikan perkampungan Yahudi.

25 Maret 1976

Para pemimpin suku dan tokoh Palestina berkumpul di wilayah Syifa Amru, dan menyepakati aksi mogok pada akhir bulan Maret.

29 Maret 1976

Dimulailah aksi mogok massal warga Palestina menuntut pencaplokan tanah mereka oleh penjajah Zionis Israel dimulai dari kota Deir Hana, kemudian menyebar cepat hingga kota Arabah dan Syakhin.



Ditanggal ini sebanyak 2 pejuang Palestina tewas dalam benterokan dengan penjajah Zionis Israel, dan pihak penjajah mulai memberlakukan jam malam.

30 Maret 1976

Benterokan semakin meluas di kota-kota Palestina hingga ke wilayah Kafr Kana, Athibah, dan Mukhayyam Nur Syams yang menyebabkan 4 syuhada lainnya gugur dalam aksi perlawanan penjajah Zionis Israel.

Tercatat dalam 2 hari benterokan sebanyak 6 warga Palestina gugur di medan pertempuran untuk memperjuangkan pembebasan Al Quds dari penjajah Zionis Israel. (Skynewsarabia/Ram)

loading...

Berita Palestina Terbaru