Sekjen PBB Desak Pendirian Negara Palestina dan Diakhirinya Pendudukan Zionis Israel

Eramuslim – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan diakhirinya pendudukan Zionis Israel atas wilayah Palestina, dan menyakini bahwa ini adalah satu-satunya jalan mengarah pada penyelesaian konflik di wilayah kawasan.

Pernyataan ini disampaikan Sekjen PBB dalam sebuah pesan yang dibacakan oleh wakilnya Amina Mohammed di sebuah forum yang diadakan di markas besar PBB di New York untuk memperingati 50 tahun Perang Enam Hari, seperti dilansir Press TV.

“Pendudukan Israel telah memberlakukan beban kemanusiaan yang berat pada orang-orang Palestina karena generasi orang-orang Palestina tumbuh di kamp-kamp pengungsi yang padat. Banyak diantara mereka menderita kemiskinan dan tidak memiliki prospek kehidupan yang lebih baik untuk anak-anak,” ujar Antonio Guterres.

Antonio Guterres menggarisbawahi kebutuhan untuk mendirikan sebuah negara Palestina merdeka dan mengakhiri pendudukan Zionis Israel adalah satu-satunya cara untuk mencapai hak-hak rakyat Palestina yang tidak dapat dicabut.

Inilah saatnya untuk kembali melakukan negosiasi langsung antara kedua belah pihak dan menyelesaikan masalah berdasarkan resolusi, kesepakatan dan hukum internasional yang relevan, ujar Antonio Guterres menambahkan.

Menurutnya, menyelesaikan konflik Israel-Palestina akan menghapus sebab utama kekerasan di kawasan Dunia Arab dan membuka pintu bagi kerja sama, keamanan, kemakmuran dan hak asasi manusia untuk semua orang. (Voa-Islam/Ram)