Seorang Anak Palestina Tewas usai Dikejar Tentara Israel

eramuslim.com – Seorang anak Palestina berusia tujuh tahun dilaporkan meninggal dunia akibat menderita gagal jantung ketika dikejar tentara Israel di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Ayah dari anak itu mengatakan pada Kamis (29/9) bahwa anaknya dikejar oleh beberapa tentara Israel sepulangnya sang bocah dari sekolah.

Laporan itu dibantah oleh pihak militer Israel, sedangkan pemerintah Amerika Serikat telah menyampaikan kesedihan atas insiden tersebut dan meminta penyelidikan dilakukan.

Anak bernama Rayyan Suleiman itu dan siswa lainnya keluar dari sekolah mereka di desa Tuqu, ketika pasukan melakukan pengejaran.

Ia “meninggal di lokasi kejadian karena ketakutan”, kata ayahnya, Yasser, dalam sebuah video yang beredar di media sosial.

Petugas medis yang memeriksa tubuh sang anak mengatakan kepada Reuters bahwa tidak ada tanda-tanda trauma fisik, dan kematiannya diduga diakibatkan oleh gagal jantung.

Kementerian Luar Negeri Palestina mengecam insiden tersebut sebagai “kejahatan” Israel.

Juru bicara militer Israel mengatakan pada saat itu pasukan mereka sedang mencari warga Palestina yang diduga kabur ke desa tersebut usai melempar batu ke para pengendara motor.

“Penyelidikan awal tidak menunjukkan adanya hubungan antara pencarian yang dilakukan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di area tersebut dan kematian tragis si anak,” kata jubir.

Warga Palestina mengaku tidak ada pelemparan batu pada saat itu, tetapi sang jubir militer menambahkan bahwa “penjelasan lebih lanjut soal insiden itu masih ditinjau.”

Wakil juru bicara Departemen Luar Negeri AS di Washington, Vedant Patel, mengatakan, “AS sangat sedih setelah mengetahui kabar kematian seorang anak Palestina yang tak bersalah.”

“Kami mendukung penyelidikan langsung dan komprehensif atas kematian anak tersebut,” di samping penyelidikan militer Israel, katanya menambahkan. [Antara]