Tantowi : Saya Pergi Ke Israel Karena Penting

tantowi yahyaAnggota DPR Komisi I Tantowi Yahya mengaku telah berkunjung ke Tel Aviv, Israel selam empat hari. Menurutnya, kunjungan tersebut dihadirinya karena penting.

“Saya ikut karena penting bagi saya untuk mendengarkan penjelasan dari petinggi Israel terkait proses perdamaian dengan Palestina yang sekarang sedang berlangsung,” ujar Tantowi, Selasa (11/6).

Tantowi mengatakan, dia ke Israel bersama lima orang lain dari media, perguruan tinggi dan lembaga think tank yang diundang oleh Australian-Jewish Association. Dalam kunjungan tersebut, kata Tantowi, mereka dipertemukan dengan petinggi Israel. Mulai dari parlemen, pemerintahan, kalangan kampus, media dan masyarakat biasa.

“Kami diundang untuk mengetahui proses perdamaian dengan Palestina yang sedang berlangsung. Menurutnya, informasi dari mereka, akan sangat penting untuk mengimbangi informasi yang diterima dari petinggi Palestina ketika Komisi I berkunjung ke Palestina 2010 dan 2013.

Menurutnya, dalam berbagai dialog, bisa disimpulkan kalau Israel belum berlaku adil terhadap Palestina.

“Mana ada perdamaian tanpa keadilan. Dalam dialog-dialog tersebut, kami juga mendapatkan kesan bahwa ada kekhawatiran di mereka bahwa Arab Spring akan terus berlanjut dan berikutnya akan melanda negara seperti Jordania,” ujarnya. (RoL/HK)