Peneliti: 12,5 Juta Muslim Terbunuh Akibat Perang Selama 25 Tahun Terakhir

Eramuslim – Ketua Perhimpunan Sejarah Turki, Prof Dr Refik Turan, mengungkapkan bahwa selama 25 tahun terakhir ada sekitar 12,5 juta Muslim terbunuh dalam perang.

“Menurut penelitian baru-baru ini, jumlah Muslim yang meninggal dalam konflik dan perang di dunia dalam 25 tahun terakhir telah mencapai 12,5 juta. Ini hampir menyamai jumlah korban dalam Perang Dunia,” kata Turan.

Berbicara dalam sebuah konferensi di Istanbul, Sabtu (21/4), cendekiawan Turki ini, seperti dilansir kantor berita Anadolu Agency, mengatakan bahwa sepanjang sejarah manusia konflik dan perang adalah fakta kehidupan yang tak terelakkan.

“Biasanya perang ada di antara dua negara, tetapi ada perang di dalam negeri juga. Hasil perang tidak dapat diprediksi. Perang adalah kenyataan hidup kita,” katanya pada konferensi ‘Perang Dunia, Turki dan Suriah dalam Perjuangan Kekuasaan tanpa Henti’.

Turan juga mengatakan bahwa Amerika Serikat, Rusia dan Iran tidak menginginkan perdamaian di Suriah, dan itu terbukti.

“Turki mengatasi 80 persen masalah di Suriah. Tidak ada yang memiliki potensi semacam ini. Setelah teroris dibersihkan dari Manbij, sinar (harapan) akan menerangi seluruh Suriah,” ujarnya. (so)