Pengadilan Federa AS Perintahkan Pentagon Rilis Foto Penyiksaan Tahanan Di Penjara Abu Ghraib

Eramuslim – Rabu 18 Januari 2017, Hakim Federal Amerika Serikat memutuskan mewajibkan Departemen Pertahanan AS “Pentagon” untuk merilis foto-foto penyiksaan tahanan di penjara Abu Ghraib dan situs tahanan lainnya di Irak dan Afghanistan ke publik.

Keputusan ini diambil Hakim Alvin Hellerstein di Manhattan setelah Menteri Pertahanan Ashton Carter gagal memberikan alasan yang masuk akal kenapa penerbitan foto-foto penyiksaan ini akan membahayakan warga Amerika di luar negeri.

Ini adalah sebuah keputusan kemenangan bagi American Civil Liberties Union (ACLU) dan kelompok hak-hak sipil serta veteran lainnya dalam gugatan mencari foto-foto penyiksaan di bawah Freedom federal Information Act yang dimulai pada tahun 2004.

foto-penyiksaan-di-abu-ghraib

Foto yang menggambarkan pelecehan dan penyiksaan tidak manusiawi di penjara Abu Ghraib mulai muncul pada tahun 2004, dengan beberapa tahanan yang mengaku telah mengalami kekerasan fisik dan seksual, kejutan listrik dan eksekusi pura-pura oleh tentara Amerika Serikat.

Tidak diketahui berapa jumlah pasti foto-foto yang dicari para aktivis kemanusiaan AS, akan tetapi diperkirakan mencapai 2.000 foto menurut Congressional Record dan dokumen pengadilan. (Memo/Ram)