Pentagon Klaim Berhasil Tewaskan 50 Ribu Jihadis Di Irak Dan Suriah Dalam 2 Tahun Terakhir

Pentagon 1Eramuslim – Kamis 8 Desember 2016, pejabat di Kementerian Pertahanan Amerika Serikat “Pentagon” mengklaim berhasil menewaskan sedikitnya 50 ribu jihadis di Irak dan Suriah dalam perang koalisi internasional selama 2 tahun terakhir.

“Kami tidak melakukan penghitungan pasti jumlah tersebut, akan tetapi angka ini memiliki dampak signifikan pada musuh,” ujar pejabat yang minta dirahasiakan identitasnya.

Dalam konteks terkait, juru bicara koalisi internasional Kolonel John Dorian melalui video conference dari ibukota Baghdad mengklaim kerugian besar yang diderita kelompok mujahidin Irak dalam pembebasan kota Mosul yang berlangsung sejak 17 Oktober lalu.

Kolonel John Dorian memperkirakan ratusan mujahidin Irak I kota Mosul telah tewas dalam operasi gabungan tentara pemerintah Irak, pasukan Kurdistan, koalisi internasional dan milisi Syiah bentukan Iran.

Menurut catatannya, koalisi internasional telah meluncurkan 16.600 serangan udara di Irak dan Suriah sejak bulan Agustus 2014.

Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam laporannya pada Jum’at (2/12) pekan kemarin menyatakan sedikitnya 1.959 tentara pemerintah Irak tewas dan sekitar 450 lainnya terluka sejak melancarkan operasi pembebasan kota Mosul. (Shorouk/Ram)