Physical Distancing Akibat Virus Corona Bisa Berlangsung Setahun Lebih

Eramuslim.com – Ahli kesehatan menyarankan masyarakat untuk melakukan physical distancing atau jaga jarak fisik agar pandemi virus corona tidak semakin menular. Walaupun, metode pencegahan itu nyatanya membuat kehidupan berubah: kita tak lagi dapat berkumpul bersama orang terdekat hingga mengganggu perekonomian dan bisnis yang ada.

Lantas, kapan physical distancing bakal selesai? Sayangnya, physical distancing baru akan benar-benar selesai jika telah ditemukan vaksin dan obat untuk virus corona COVID-19, dan itu akan memakan waktu setahun atau lebih.

“Virus ini akan beredar, berpotensi dalam waktu satu atau dua tahun, jadi kita perlu memikirkan skala waktu tersebut,” kata Adam Kucharski, seorang epidemiologis di London School of Hygiene & Tropical Medicine, dikutip Vox.

“Tidak ada opsi yang baik di sini. Setiap skenario yang bisa Anda pikirkan memiliki kelemahan yang sangat besar. Saat ini, tampaknya satu-satunya cara untuk mengurangi transmisi secara berkelanjutan adalah tindakan yang tidak memiliki patokan keberlanjutannya,” kata dia.

Virus corona SARS-CoV-2 sendiri merupakan virus yang belum pernah dialami oleh manusia. Maka dari itu, belum ada vaksin ataupun obat untuk menangani orang yang terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19.

Sayangnya, sejumlah ahli kesehatan dunia yakin bahwa vaksin COVID-19 baru tersedia pada 2021. Obat COVID-19 sendiri belum ditemukan, dan masih menggunakan obat dari penyakit virus lain seperti malaria (klorokuin) atau ebola (remdesivir).