Prediksi Suram Bill Gates untuk Pandemi Berikutnya: Dunia Belum Siap

Eramuslim.com – Bill Gates kembali bersuara soal prediksi pandemi yang akan datang, di mana umat manusia diperkirakan belum siap menghadapinya.

Prediksi Suram Bill Gates untuk Pandemi Berikutnya: Dunia Belum Siap

Sebelumnya, Gates juga sempat memprediksi kehadiran pandemi yang mengguncang dunia pada 2015, dengan lima tahun kemudian muncul COVID-19 yang masih mengancam kesehatan manusia selama 20 bulan terakhir.

Dalam laporan Bill and Melinda Gates Foundation, pendiri Microsoft ini meramal masa depan yang suram, mengatakan dunia belum belajar banyak dari pandemi COVID-19 yang telah melanda hampir seluruh negara, termasuk Indonesia.

“Saya sedikit khawatir, bahwa kesiapsiagaan terhadap pandemi yang akan datang, lebih rendah dari yang saya harapkan,” kata Gates dalam laporannya.

Laporan tersebut juga menyerukan kepada negara-negara di seluruh dunia untuk berinvestasi jangka panjang dalam sistem kesehatan dan menciptakan infrastruktur untuk respons wabah yang akan datang.

“Itulah mengapa investasi jangka panjang dalam sistem kesehatan sangat berharga: Mereka adalah dasar untuk tanggap darurat penyakit. Kita mungkin tidak tahu patogen spesifik mana yang akan menyebabkan pandemi global dalam generasi mendatang,” jelas mantan suami Melinda Gates ini.

“Tetapi alat untuk mengakhiri pandemi sebagian besar sama dengan polio, malaria atau penyakit menular lainnya: pengujian luas dan, jika memungkinkan, pengobatan yang cepat dan efektif serta imunisasi yang menyelamatkan jiwa,” tambahnya.