Protes Diskriminasi Terhadap Minoritas, Muslim India Kenakan Ban Hitam di Hari Raya Idul Fitri

Eramuslim – Senin 26 Juni 2017, umat Islam di India mengenakan ban hitam di lengan sebagai aksi protes atas perampokan terhadap seorang Muslim baru-baru ini. Pelaku perampokan diduga dilakukan oleh kelompok sayap kanan Hindu.

Sejumlah organisasi dan individu Muslim terkemuka mengimbau umat Islam untuk mengenakan ban hitam selama shalat Idul Fitri 1438 H sebagai pesan kepada pemerintah.

Dalam beberapa hari terakhir dilaporkan telah terjadi sejumlah serangan rasial yang menargetkan umat Islam.

Kamis 22 Juni 2017, seorang remaja Muslim, Junaid Khan, terbunuh di sebuah kereta di Haryana setelah kembali dari berbelanja untuk Idul Fitri di kota New Delhi.

Jamiat-e-Ulema, sebuah organisasi politik Muslim, juga telah memutuskan untuk membatalkan program perayaan Idul Fitri tahunan.

Dalam pernyataan resmi Sekjen Jamiat-e-Ulema, Mehmood Madani mengatakan, “Untuk memprotes serangan massa yang terus berlanjut terhadap kaum minoritas, kami telah mengambil keputusan untuk membatalkan acara perayaan Idul Fitri dengan berat hati.”

Mehmood Madani melanjutkan, “Kami yakin bahwa pemerintah yang memimpin sejauh ini gagal melindungi umat Islam, menangkap para pelaku dan menjamin keamanan bagi mereka yang menjadi sasaran.” (Dailysabah/Ram)