Ratusan Warga India Kena Corona Usai Ritual Mandi Bersama di Sungai Gangga

Eramuslim.com – Ratusan pemuja, termasuk sembilan pemuka agama senior di Haridwar, India, akhirnya positif COVID-19 setelah melangsungkan festival Kumbh Mela yang dimulai bulan ini.

Diketahui, sebagai bagian dari prosesi Kumbh Mela, warga India melakukan ritual mandi bersama di sungai Gangga. Umat Hindu di sana percaya sungai Gangga itu suci, dan berenang ke dalam air akan membersihkan mereka dari dosa dan membawa keselamatan.

Ritual itu pun dilakukan sejak Selasa (13/4), di mana ada lebih dari tiga juta umat Hindu berkerumun dan mandi di sungai suci tersebut.

Sementara India sendiri sekarang sudah mengambil alih posisi Brasil dan menempati peringkat ke-2 sebagai negara dengan tingkat infeksi tertinggi di dunia. Pada Selasa itu, India juga tembus rekor lonjakan infeksi harian tertinggi dengan angka mencapai 184.372 kasus.

Namun, di balik krisis COVID-19 tersebut, warga justru kembali melangsungkan ritual mandi bersama, setidaknya sampai Rabu (14/4) waktu setempat. Tidak jelas berapa banyak yang masih melangsungkan ritual pada Rabu kemarin. Namun, pada sore harinya, otoritas mengklaim hanya ada hampir 900 ribu orang yang mandi di sungai Gangga.