‘Rekan Sejawat James Bond’ ini Beberkan Temuannya soal Kecelakaan Lab China yang Sebabkan Covid-19

Eramuslim.com – Penyelidikan atas virus corona masih terus dikaji dan didalami oleh berbagai pihak. Penyelidikan ini bahkan memunculkan banyak konspirasi yang akhirnya menyudutkan China. Baru-baru ini muncul lagi dugaan baru yang disampaikan oleh mantan kepala MI6, dinas intelijen rahasia Inggris.

Sir Richard Dearlove, dengan mengutip sebuah makalah ilmiah yang diterbitkan minggu ini oleh tim peneliti Norwegia-Inggris, mengklaim telah menemukan petunjuk dalam urutan genetik Covid-19. Dalam makalah itu diuraikan urutan genetik Covd-19 menunjukkan unsur-unsur kunci yang ‘dimasukkan’ dan mungkin tidak berevolusi secara alami.

Sir Richard menilai sejak awal pemerintah China telah berusaha untuk menutupiĀ  perdebatan tentang asal-usul virus dan penanganan krisis yang dilakukan oleh Beijing.

Dari situ, ia mengambil kesimpulan, “Saya pikir ini berawal dari kecelakaan,” katanya.

“Itu menimbulkan masalah, jika China pernah mengakui akan bertanggung jawab, apakah itu berarti mereka akan membayar ganti rugi? Saya pikir itu akan membuat setiap negara di dunia memikirkan kembali bagaimana memperlakukan hubungannya dengan China dan bagaimana masyarakat internasional berperilaku terhadap kepemimpinan China,” ujar Sir Richard seperti dikutip dari The Telegraph, Kamis (4/6).