Rusia Desak PBB Hentikan Serangan Jet Tempur Koalisi Arab ke Syiah Houthi Yaman

Putin130912Eramuslim.co – Rusia yang dikenal sebagai sekutu Syiah Iran mengajukan draf resolusi penghentian serangan jet tempur di wilayah Yaman kepada Badan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dalam naskah tersebut, Negeri Beruang Merah berharap Arab Saudi dan sembilan anggota Liga Arab berhenti membombardir pemberontak Syiah agar misi kemanusiaan dapat digelar.

“Selain itu, gencatan senjata dapat memberi waktu bagi negara dan organisasi internasional yang pegawainya terjebak di Yaman untuk menyelamatkan diri,” kilah Rusia seperti dikutip AFP, Minggu (5/4).

Duta Besar Rusia untuk PBB Vladimir Safronkov beralasan, banyak negara yang kini kesulitan menggelar evakuasi bagi warganya di Yaman. “Masih banyak warga asing di sana, diplomat, dan sebagainya. Kami mendorong agar mereka dievakuasi,” ujarnya.

Rusia menampik upaya intervensi di PBB di Yaman karena desakan Iran. Untuk diketahui, Syiah Iran dan Rusia adalah sekutu dekat. Sementara konflik di Yaman, diyakini banyak pihak, merupakan perang tak langsung antara Saudi dan Negeri Kiblat Syiah Dunia tersebut itu.

Sepekan terakhir, serangan jet tempur Liga Arab ke beberapa kota Yaman menyebabkan 185 orang tewas dan 1.282 luka-luka. Arab Saudi mengklaim mayoritas korban adalah anggota milisi pemberontak Houthi yang menggulingkan Presiden Abdurabuh Mansyur Hadi. Berkat serangan udara ini, pasukan loyalis Presiden Hadi berhasil merangsek masuk wilayah Kota Aden yang jadi lokasi pertempuran paling panas. Dua pekan lalu, Hadi menyurati Raja Salman, pemimpin Saudi, agar mengirim bantuan militer karena Ibu Kota Sana’a sudah diambil alih pemberontak syiah dari Klan Syiah Houthi.

“Kami sudah mendapat pasokan logistik dan senjata dari negara-negara Teluk,” kata Kasim al-Shaawi, salah satu tentara Yaman loyalis Presiden Hadi.(rz)