Rusia Klaim Rezim Assad Kuasai 93% Lingkungan Timur Aleppo

putin ngambekEramuslim – Jum’at 9 Desember 2016, Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim tentara rezim dan sekutu telah berhasil menguasai 94% lingkungan timur Aleppo sejak menggelar operasi besar-besaran pada 15 November.

“Hasil dari kerja keras tentara rezim dan sekutunya saat ini kami berhasil merebut 52 distrik di lingkungan timur Aleppo dari mujahidin Suriah. Hanya dalam dalam 4 hari terakhir kami berhasil menguasai 93% Aleppo,” ujar komandan operasional Angkatan Bersenjat Rusia, Sergei Rodsqui.

Sergei Rodsqui melanjutkan, “Dalam 24 jam terakhir sebanyak 10 ribu lebih warga sipil Suriah telah melarikan diri dari lingkungan timur Aleppo.”

Dalam konteks terkait, Komisaris PBB untuk HAM dalam laporannya hari Jum’at (9/12) kemarin mengkhawatirkan hilangnya ratusan warga sipil Suriah yang telah melarikan diri ke wilayah yang dikuasai oleh tentara rezim Assad dan sekutunya.

Jumlah korban tewas warga sipil Suriah di lingkungan timur Aleppo sejak 15 November hingga Rabu 7 Desember kemarin mencapai angka 899 orang. (Cnnarabic/Ram)