Rusia Siagakan 11 Kapal Perang Di Suriah

kapal-perang-rusiaEramuslim – Wakil ketua pertama komite urusan internasional di Majelis Duma (Majelis Rendah Parlemen) Rusia, Dmitry Novikov, mengatakan bahwa negaranya akan menyiagakan 11 kapal perang di Suriah untuk melakukan semua fungsi yang diperlukan.

“Jumlah tersebut cukup untuk melakukan semua tugas yang diperlukan. Dari kedatangan, tinggal, melakukan misi penting dan memastikan pasokan bahan bakar kapal,” ujar Dmitry Novikov seperti dilansir RIA Novosti.

Rabu 18 Januari Moskow dan Damaskus baru saja menandatangani perjanjian perluasan pusat armada militer di Tartus, termasuk perjanjian kehadiran 11 kapal perang di pelabuhan serta perpanjangan masa keberadaan militer Rusia hingga 49 tahun kedepan.

Dalam perjanjian tersebut Rusia akan bertanggung jawab atas perlindungan udara dan laut pusat armada militer Tartus, dan rezim Syiah Assad di daratan.

Sejak kehadiran intervensi militer Rusia pada 30 September 2015 lalu, rezim Syiah Assad dan sekutunya secara perlahan berhasil menguasi kota-kota penting yang menjadi basis mujahidin Islam di Suriah. termasuk Aleppo pada akhir 2016 kemarin.

Tercatat sebelum kedatangan Rusia, rezim rezim Syiah Assad dan sekutunya hanya menguasai kurang dari 20% wilayah Suriah. (Sputnikarabic/Ram)