Rusia, Turki, Iran Sepakat Bentuk 4 Zona Aman di Suriah

Eramuslim – Rusia, Turki dan Iran sepakat untuk mendirikan 4 zona aman di Suriah. Kesepakatan ini dicapai ketiga negara di hari kedua negosiasi perdamaian Suriah yang diselenggarakan di ibukota Kazakhstan, Astana, pada Kamis (4/05).

Kementerian Luar Negeri Turki menjelaskan bahwa perjanjian pendirian zona aman akan mencakup wilayah Idlib dan Aleppo, Latakia dan Homs, meskipun tidak disetujui kelompok revolusioner Suriah yang turut menghadiri perundingan damai Astana, seperti dilansir kantor berita Reuters.

“Perjanjian ini akan melarang penggunaan semua senjata di daerah-daerah yang telah disepakati, serta memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan kepada warga Suriah,” ujar Kemenlu Turki melanjutkan.

Dalam perjanjian tersebut Rusia dan rezim Syiah Assad harus menghentikan serangan udara di keempat daerah yang disepakati, termasuk pejuang revolusi dan kelompok mujahidin Islam Suriah.

Menanggapi kesepakatan tersebut, wakil kelompok pejuang revolusi memilih walk out sebagai bentuk penolakan terhadap kesepakatan 3 negara asing yang berniat menentukan nasib bangsa Suriah.

Sementara itu delegasi rezim Syiah Assad di Astana, Bashar al-Jaafari, menyatakan harapan kepada Rusia dan Iran untuk membahas rincian lebih lanjut pendirian zona aman dengan Damaskus dalam waktu dekat. (Bbcarabic/Ram)