free hit counters
 

Sederet Profesi Ini Bisa Diganti Robot, Pekerjaan Anda Termasuk?

Redaksi – Sabtu, 20 Rabiul Akhir 1443 H / 27 November 2021 16:21 WIB

keberadaan robot

eramuslim.com – Melihat Perkembangan teknologi yang semakin canggih akan membuat banyak pekerjaan yang sebelumnya dilakukan manusia bisa digantikan oleh robot.

Dengan adanya keberadaan robot ini dinilai akan dapat membantu banyak pekerjaan dan lebih memudahkan kegiatan yang dilakukan. Hal tersebut pun bahkan diakui oleh Presiden Jokowi secara langsung.

Menurutnya posisi Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga akan menjadi salah satu pekerjaan yang akan dapat digantikan ke depannya.

“Ini bukan barang yang sulit. Barang yang mudah dan memudahkan kita untuk memutuskan sebagai pimpinan di daerah maupun nasional,” kata Jokowi.

Selain pekerjaan administrasi seperti PNS, terdapat beberapa jenis pekerjaan lainnya yang juga nantinya akan dapat digantikan oleh robot. Berikut daftar lengkap pekerjaan tersebut. Dilansir dari CNBC. Sabtu, 27 November 2021.

1. PNS



Mengganti PNS dengan robot memang bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan sangat memungkinkan PNS diganti dengan tenaga robot.

Namun hanya untuk beberapa sektor tertentu.

“Menurut saya bisa saja. Tapi memang tidak semuanya bisa diganti. Karena masyarakat kita masih banyak ogah dilayani dengan teknologi dan lebih puas ngobrol langsung dengan petugas pelayan publik,” kata Trubus.

Pekerjaan yang bisa digantikan itu seperti PNS pengurusan KTP dan yang berada di Samsat. Hal ini dinilai akan membuat masyarakat terbebas dari praktek pungli yang masih sering terjadi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4

Berita Terbaru