Sejumlah Fasilitas Nuklir Iran Meledak secara Misterius, Ada Apa?

Eramulsim.com – Asap hitam tampak membubung tinggi ketika api melahap pabrik petrokimia Shahid Tondgooyan di provinsi Khuzestan, Iran, Ahad (12/7) sore. Beberapa jam sebelumnya, lebih dari 500 mil jauhnya, ledakan mengguncang ruang bawah tanah sebuah rumah tua yang tidak mencolok di utara Teheran.

Hunian berlantai dua ini konon menampung sedikitnya 30 tabung gas yang digunakan untuk tujuan yang tidak jelas. Kedua insiden itu terjadi kurang dari dua hari setelah serangkaian ledakan dan pemadaman listrik dilaporkan di barat Teheran pada Jumat (8/7) dini hari.

Laporan warga lokal menggambarkan bahwa sebelum ledakan terjadi, terdengar suara seperti mortir atau rudal ditembakkan. Ledakan itu dilaporkan terjadi di depot rudal Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran.  Sementara beberapa pejabat Iran menyangkal ledakan itu sama sekali, dan yang lain mengatakan bahwa ledakan itu disebabkan oleh tangki bensin, para ahli mengatakan ada sesuatu yang aneh dalam serangkaian ledakan di negara itu.

Serangan-serangan terbaru ini terjadi setelah beberapa ledakan misterius lainnya di situs-situs sensitif selama tiga minggu terakhir, dan tidak ada media atau pihak lain yang tahu pasti apa yang sedang terjadi.

“Ledakan baru-baru ini di Iran tidak biasa. Ada bukti kampanye bersama sedang berlangsung untuk menggagalkan program nuklir Iran,” kata Jason Brodsky, Direktur Kebijakan United Against Nuclear Iran (UANI), kepada Fox News. “Semakin Iran memajukan program nuklirnya dengan melanggar Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), semakin besar kemungkinan serangan tambahan.”