Senat Perancis Serukan Pemerintah Akui Negara Palestina

senat perancisAnggota Senat Perancis meminta kepada pemerintah untuk segera mengakui negara Palestina, dan mendesak dimulainya perundingan damai Israel-Palestina dalam sidang resolusi tidak mengikat yang diselenggarakan Senat pada hari Kamis (11/12) kemarin.

Sebanyak 153 suara anggota Senat yang mayoritas berasal dari kelompok Sosialis dan Komunis Perancis menyetujui resolusi tidak mengikat tersebut, berbanding 146 suara yang menolak.

Seperti dikutip dari seorang anggota Senat Sosialis, Roger Gilbert, mengatakan “pengakuan negara Palestina adalah langkah pertama agar kedua negara yang sama kembali memulai proses negosiasi damai.”

Roger Gilbert menambahkan, ” kita harus ingat bahwa konflik Israel-Palestina bukanlah perang agama, akan tetapi masalah sengketa tanah, ” seperti dilansir kantor berita AFP.

Sementara itu seorang anggota Senat dari kelompok Komunis, Eliane, menyatakan bahwa sebenarnya penyebab konflik adalah ketimpangan dalam pembagian wilayah antara kedua bangsa, “saya menyerukan pemerintah Perancis untuk mengambil inisiatif mengenai ini,” ujarnya.

Akan tetapi perlu di ingat bahwa sikap Uni Eropa adalah meminta Israel dan Palestina untuk menghidupkan kembali proses perdamaian dan solusi dua-negara yang macet, tanpa mau membahas pengakuan negara Palestina. (Skynewsarabia/Ram)