free hit counters
 

Seorang Penasehat Militer Iran Tewas di Ramadi

Redaksi – Selasa, 13 Sya'ban 1436 H / 2 Juni 2015 08:30 WIB

tentara irak 1Eramuslim.com – Seorang penasihat militer Iran telah tewas di Ramadi saat memberi petunjuk pada pasukan Irak tentang bagaimana merebut Ramadi dari kelompok milisi Negara Islam Irak dan Suriah (IS). Dia adalah Jassem Nouri, tokoh yang juga pernah menjabat sebagai penasihat militer di Suriah.

“Dia adalah komandan perang Irak dan Iran yang berpengalaman. Jassem Nouri juga ada untuk menjadi penasihat militer, yang membagi pengalamannya dengan para pejuang yang ada di Irak,” ungkap seorang tokoh masyarakat Ramadi Qassem Khaziravi pada para pelayat, seperti dilansir Al Arabiya, Senin (1/6).

Upacara pemakaman Nouri juga dihadiri oleh para pemimpin politik dan militer yang ada di sana. Mereka bergabung bersama keluarga di Ahvaz, tempat Nouri dimakamkan.

Sebelumnya, kelompok Syiah Iran mengaku telah mengirimkan senjata dan penasihat militer untuk Irak dan Suriah. Namun mereka membantah jika menjadi pihak yang telah menyebar pasukan tempurnya di sana.

Ramadi adalah ibu kota Anbar, sebuah provinsi di barat Baghdad, yang ditinggali mayoritas kelompok Sunni Irak, dan diperintah oleh Perdana Menteri al-Abadi. Kota itu juga pernah jatuh ke kelompok milisi IS dua pekan lalu, yang akhirnya memaksa pemerintah daerah setempat mengubah kebijakan yang ada. (rz)

Berita Terbaru