Setelah AS, Kini Jepang Evakuasi Seluruh Warganegaranya Dari Wuhan

Eramuslim.com – Pemerintah Jepang memutuskan untuk mengevakuasi seluruh warganya yang masih ada di Kota Wuhan, China. Langkah ini diambil agar tidak ada WN Jepang yang terinfeksi virus corona.

Dikutip dari Reutes, Minggu (26/1), Perdana Menteri Jepang Shizo Abe mengatakan pemerintah Jepang akan bekerja sama dengan China untuk proses pemulangan itu. Mereka akan menyiapkan pesawat sewaan untuk pemulangan WN Jepang di Wuhan.

PM Jepang Shinzo Abe

PM Jepang Shinzo Abe Foto: REUTERS/Toru Hanai

Belum diketahui jumlah WN Jepang yang masih berada di Wuhan. Termasuk kapan proses evakuasi akan dilakukan.

Namun sebelum Jepang, beberapa negara juga memutuskan melakukan hal yang sama untuk mengevakuasi warganya yang masih ada di Wuhan. Salah satunya Amerika Serikat.

AS masih merencanakan jenis pesawat yang akan digunakan, antara Boeing 737 atau Boeing 767. Operasi penyelamatan ini sudah mendapat persetujuan Kementerian Luar Negeri China dan lembaga pemerintah lainnya. Negosiasi berlangsung dalam beberapa hari terakhir.

Hingga Minggu (26/1), sebanyak 56 orang meninggal dunia di China akibat virus corona dari Wuhan. Lebih dari 2.000 orang dari berbagai negara telah terinfeksi virus mematikan ini.

Sampai saat ini virus corona sudah menyebar ke beberapa negara lain seperti Vietnam, Taiwan, Amerika Serikat, dan Singapura.(kumparan)