Setelah Hubungan Diplomatik, Saudi Juga Putuskan Seluruh Hubungan Dagang Dengan Iran

Adel-al-JubeirEramuslim – Setelah mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan pemerintah Teheran pada hari Minggu (03/01) kemarin, Senin 4 Januari 2016 Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al Jubair mengumumkan pemutusan seluruh hubungan perdagangan dengan negara Syiah tersebut.

“Langkah pertama pemutusan hubungan perdagangan dengan Iran adalah melarang semua warga Arab Saudi untuk berpergian ke negara Syiah tersebut,” ujar Menlu Adel Al Jubair kepada surat kabar Saudi.

Menlu Adel Al Jubair menambahkan, “Peziarah haji asal Iran masih kami persilahkan untuk datang mengunjungi tempat-tempat suci di Arab Saudi. Akan tetapi Teheran harus tahu bagaimana menempatkan diri dan bersikap normal sebelum kembali menjalin hubungan dengan kami.”

Menlu Adel Al Jubair melanjutkan, “Serangan disertai aksi perusakan dan penjarahan kedutaan dan konsulat Arab Saudi di Iran adalah pelanggaran berat dari konvensi internasional. Kejadian ini menambah jelek catatan buruk mengenai penyerangan kantor kedutaan negara asing di negera tersebut.”

Perlu diketahui bahwa selain pemutusan hubungan diplomatik dan perdagangan, Kerajaan Arab Saudi juga telah menyetop seluruh penerbangan dari dan menuju Iran sejak akhir pekan kemarin akibat ketegangan hubungan kedua negara yang dilatar belakangi hukuman mati terhadap ulama Syiah Saudi Nimr Baqir Al Nimr. (Rassd/Ram)