Setelah Ramadi, Baghdad Jadi Target Futuhat Pejuang Negara Islam Selanjutnya

isis kuasai airbaseEramuslim – Seorang sumber yang tidak mau diungkapkan namanya mengungkapkan bahwa ibukota Baghdad adalah target pejuang Negara Islam selanjutnya, setelah berhasil menguasai kota Ramadi yang berjarak 100 km dari ibukota pada pertengahan Mei lalu.

Sumber tersebut menambahkan, “Kota-kota Husaybah, Habbaniyah dan Khalidiyah di timur Ramadi yang kini dikuasai oleh pasukan pemerintah dan milisi Syiah Iran adalah target penting selanjutnya pejuang Negara Islam menuju ibukota Baghdad.”

Menurutnya pejuang Negara Islam akan memanfaatkan kelengahan tentara pemerintah Irak dan milisi Syiah Iran di kota Ramadi. “Mereka akan bergerak dari arah Fallujah yang terletak sekitar 60 km tenggara ibukota, untuk lebih mendekatkan posisi mereka ke Baghdad jika pasukan pemerintah terlalu berfokus pada Ramadi,” ujarnya.

Pemerintah Teheran sendiri dikabarkan telah mengerahkan sekitar 3000 milisnya ke kota Habbaniyyah sejak awal pekan lalu, untuk membantu tentara pemerintah merebut kembali kota Ramadi pada awal Juni mendatang. (Alarabiya/Ram)