Setelah SIM, Saudi Kini Bolehkan Wanita Jadi Sopir Taksi

Eramuslim – Setelah mengizinkan kaum perempuan untuk menyetir sendiri kendaraan, Kerajaan Arab Saudi akan membolehkan kaum Hawa sebagai pengemudi taksi mulai pertengahan tahun 2018 ini.

Ketua Public Transport Authority (PTA) atau Otoritas Transportasi Umum Rumaih al Rumaih mengatakan, saat ini pihaknya sedang membuat peraturan yang memungkinkan wanita Saudi mengendarai taksi dengan penumpang yang juga wanita.

Perusahaan transportasi online seperti Uber dan Careem juga akan merekrut pengemudi wanita. Careem rencananya akan memperkerjakan lebih dari 10 ribu pengemudi wanita pada Juni 2018.

“Pengemudi wanita akan membantu kami untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada banyak wanita yang ingin bepergian tanpa pengemudi laki-laki,” kata salah satu pendiri Careem, Abdullah Elyas seperti dilansir CNN via Al Arabiya, Sabtu, (3/2).

Uber juga telah mengumumkan rencana untuk membuka fasilitas one stop shop untuk merekrut pengemudi wanita. Uber akan membuat listening session untuk membantu para pengemudi wanita saat ia mengemudi.

Peraturan mengemudi juga akan berlaku bagi para wanita di Saudi. Al-Rumaih mengatakan, PTA bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial untuk menyelesaikan nasionalisasi pekerjaan di sektor angkutan umum untuk wanita Saudi.

Seperti diketahui, pemerintah Saudi saat ini tengah berbenah untuk mengantisipasi hilangnya pendapatan dari sektor minyak dan gas. Salah satunya dengan memastikan setiap warga memiliki pekerjaan yang produktif agar bisa menopang perekonomian negara. (Jpnn/Ram)