free hit counters
 

LPTQ Al-Umm: Mencetak Pelajar Hafal Al-Quran

Rizki Ridyasmara – Selasa, 16 Zulqa'dah 1428 H / 27 November 2007 17:39 WIB

Eramuslim pekan ini mengadakan silaturrahim dengan sebuah lembaga yang berperan dalam mencetak pelajar hafal Al-Quran 30 juz. Dan sempat mewawancarai Ketua Bidang Tahfzhul Qur’an, Ustadz H. Taufik Hamim Effendi, Lc. dan berikut ini petikan wawancara dengan beliau.

Bisa ustadz ceritakan tentang berdirinya lembaga ini? Sejak kapan berdiri?

Lembaga Pendidikan Tahfizhul Qur’an (LPTQ) Al-Umm didirikan pada bulan Maret tahun 2006, ide ini muncul dari keinginan salah seorang pendiri yang dua orang anaknya pernah mengikuti program menghafal Al-Qur’an di wilayah Bekasi timur, kota Bekasi Jawa barat, namun karena masalah pendanaan, akhirnya program itu hanya berjalan kurang lebih lima bulanan.

Selanjutnya dengan merekrut beberapa teman dan ustadz yang memiliki kapasitas di bidang menghafal Al-Qur’an, akhirnya muncul ide untuk mendirikan sebuah lembaga untuk mendidik pelajar hafal Al-Qur’an 30 juz. Maka didirikanlah sebuah lembaga yang bernama Lembaga Pendidikan Tahfizhul Qur’an (LPTQ) Al-Umm.

LPTQ Al-Umm ini adalah sebuah lembaga yang bernaung di bawah Yayasan Istiqomah Bina Umat (IBU) sebagai ketua umumnya adalah Prof DR. KH. Achmad Satori Isma’il, MA, yang sekaligus juga ketua LPTQ Al-Umm ini. Dengan dibantu oleh saya sebagai ketua bidang program Tahfizhul Qur’an, sebagai penanggung jawab Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

Apa tujuan dari berdirinya LPTQ Al-Umm?

Tujuan berdirinya LPTQ Al-Umm ini adalah untuk berkhidmat dalam melestarikan Al-Qur’an dalam bentuk hafalan, selain itu juga LPTQ Al-Umm bercita-cita mencetak pelajar berprestasidan hafal Al-Qur’an. Lembaga ini ingin membuat kesan bahwa menghafal Al-Qur’an 30 juz tidak harustinggal di pesantren.

Siapa yang ikut mendirikan?

Pendiri Lembaga pendidikan Tahfizhul Qur’an (LPTQ) Al-Umm adalah Prof. DR. KH. Achmad Satori Isma’il, MA (Ketua Umum Yayasan dan Lembaga), DR. Ahzami Sami’un Jazuli, Ust. H. Ahmad Qusyairi Suhail, MA (Pembina), Ust. H. Abdul Aziz Abdur Rauf Al-Hafizh, Lc, Ust. H. Ahmad Syaikhu (Pengawas), Muhammad Sofyan, SE, Ak (Sekretaris Umum), Adam Malik Ridwan (Ka. Riset dan pengembangan) dan Agus Sosianto (Bendahara) dan saya sebagai Kabid Program Tahfizhul Qur’an.

Sudah berapa orang yang berhasil menghafal Al-Quran?

Sampai saat ini alhamdulillah ada santri yang belum genap satu tahun menghafal di LPTQ Al-Umm ini sudah mencapai delapan juz. Selebihnya ada yang hafal tiga juz, empat juz, lima juz dan enam juz.

Untuk usia berapa tahun?

Umur minimal untuk dapat mengikuti program ini adalah sejenjang dengan kelas 3 SD.

Waktu belajarnya apakah tiap hari?

Waktu belajar yang LPTQ Al-Umm sediakan sementara ini adalah tiga kali dalam sepekan, yaitu hari Rabu dan Jum’at mulai jam 15. 00-18. 00, serta hari Ahad mulai 09. 00-15. 00. Jadi santri sepulang sekolah dapat langsung menuju LPTQ Al-Umm untuk menguikuti KBM.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan bila ada orang tua yang ingin anaknya jadi penghafal Quran?

Program menghafal Al-Qur’an di LPTQ AL-Umm ini gratis 100%, bahkan santri mendapatkanmakanan ringantiap kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain mendapatkanitu juga mendapatkan makan siang gratis. Bahkan santri yang sudah hafal setengah juz atau 20 halaman setiap bulannya akan mendapatkan beasiswa Rp 100. 000 setelah dites dan dinyatakan lulus oleh ustadz pembimbingnya.

Gurunya hafal Quran semua?

Alhamdulillah sampai saat ini semua ustadz yang mengajar di LPTQ Al-Umm ini yang berjumlah delapan orang semuanya hafal Al-Qur’an 30 juz, bahkan Ust. Muhammad Arifin Al-Hafizh, salah seorang di antara pengajarmemiliki ijazah Al-Qur’an (bersanad sampai ke Rasulullah SAW)

Berapa santri maksimal dalam satu kelas?

Setiap kelas maksimal 12 orang santri yang dibimbing oleh satu orang guru.

Apa syarat untuk bisa ikutan jadi di LPTQ Al-Umm ini?

Syarat menjadi santri di LPTQ Al-Umm, pertama, lancar membaca Al-Qur’an sesuai tajwid. Kedua, memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 1 juz. Ketiga, minimal duduk di kelas tiga SD dan maksimal kelas satu SMP. Keempat, mampu menghafal mandiri di rumah. Kelima, Lulus tes hafalan dan tilawah. Keenam, Siap mengikuti program sampai lima tahun. Ketujuh, mematuhi peraturan Lembaga

Bagaimana sistem menghafalnya, apakah pakai kelas atau bagaimana?

Setiap KBM di hari Rabu dan Jum’at, santri hanya menyetor dan mengulang hafalan di hadapan ustadz pembimbing, sedangkan pada hari Ahad, ada sistem talaqqi, baik secara berjamaah atau perorangan, setoran hafalan, setoran ayat yang akan dihafal di rumah.

Berapa ayat yang harus dihafal dalam sebulan?

Setiap bulan santri harus menyelesaikan hafalan setengah juz atau 20 halaman Al-Qur’an, apabila target ini tidak terpenuhi maka santri akan mendapatkan teguran lisan atautulisan. Dan bahkan apabila dalam tempo tiga bulan berturut-turut tidak juga mencapai target ini, maka santri akan diberhentikan atau di-DO dari lembaga.

Berapa lama seorang anak bisa menghafal 30 juz?

Target ideal dari program ini apabila santri dapatterus menerusmenghafal setengah juz atau 20 halaman setiap bulannya, maka dalam tempo lima tahun lembaga ini akan mencetak pelajar hafal Al-Qur’an 30 juz. Atau paling cepat dalam tempo tiga tahun santri akan menghafal 30 juz.

Selain kegiatan menghafal, ada kegiatan lainnya?

LPTQ Al-Umm juga memiliki program lain, seperti games di di sela-sela KBM, out bound minimal dua kali dalam setahun, kunjungan ke sekolah, pesantren atau lembaga-lembaga yang memiliki program menghafal Al-Qur’an.

Berapa dana yang dibutuhkan untuk program ini?

Dana yang dibutuhkan LPTQ Al-Umm untuk setiap cluster/kelas Rp 5. 500. 000.(lima juta lima ratus ribu rupiah).

Besar sekali? Dari mana memperoleh dana sebesar itu?

Dana ini kami peroleh dari para muhsinin atau donatur. Kamimengajukan proposal kepada mereka.Alhamdulillah, kami juga mendapatkan dana dari lembaga-lembaga zakat, perusahaan-perusahaan, instansi pemerintah atau pun perorang.

Kalau ada orang ingin menjadi donatur, bagaimana caranya?

Bisa langsung datang ke LPTQ Al-Umm, atau kami datang ke donatur atau lebih mudahnya bisa ditransfer melalui Bank Syariah Mandiri/ BSM cabang Pondok Gede dengan no. rek. 1080019210 an Yayasan Istiqomah Bina Umat



Sekarang ini sudah berapa jumlah santrinya?

Kurang lebih 90 santri, merekatersebar di 8 cluster, 5 cluster di wilayah Jakarta Utara dan 3 cluster di wilayah Kota bekasi.

Jadi ke mana kalau ingin menghubungi atau ingin mendaftarkan?

Bisa menghubungi nomor telepon 021 – 848 8247, atau 021 711-43283 atau bisa langsung ke kantor kami di Jalan Raya AL no. 40 Rt 01 RW 09 Kelurahan Jati Makmur Pondok Gede Kota Bekasi.

Silaturrahim Terbaru