free hit counters
 

Swastika, Lambang Mulia yang Dicemari Nazi

Redaksi – Kamis, 17 Zulqa'dah 1441 H / 9 Juli 2020 06:30 WIB

Eramuslim.com – Setelah AU Finlandia menanggalkannya, tak ada lagi yang menggunakan logo swastika. Simbol nilai-nilai mulia itu berganti makna jadi simbol terkutuk gara-gara Nazi.

*

SWASTIKA. Simbol yang sejatinya eksis sejak ribuan tahun lampau itu tak dimungkiri sudah ternoda maknanya gegara Adolf Hitler cs. menggunakannya ketika menguasai Jerman lewat Partai Nazi. Pasca-Perang Dunia II, simbol itupun jadi hal yang haram dipergunakan lagi, kecuali oleh Ilmavoimat alias Angkatan Udara Finlandia.

Unit Komando AU Finlandia menggunakan logo swastika sejak 1918 walau akhirnya ditanggalkan. Logonya berupa simbol swastika dihiasi sayap keemasan diganti menjadi elang berwarna emas di dalam perisai bulat berwarna biru yang dikelilingi enam sayap putih.

Perubahan itu tak menimbulkan kegaduhan apapun lantaran Ilmavoimat mengubahnya tanpa pengumuman publik pada 2017. Publik baru aware ketika sejarawan dan pengamat politik internasional Universitas Helsinki Profesor Teivo Teivainen mengunggah sebuah utas di akun Twitter-nya, @TeivoTeivainen, 30 Juni 2020.



“RIP ID (logo) Staf Komando Angkatan Udara. Saya kira simbol itu takkan pernah diganti? Jadi biar saya ungkapkan sebuah kabar: logonya sudah diubah diam-diam,” tulisnya.

Kabar itu lantas dikonfirmasi Kepala Staf Komando AU Finlandia Brigjen Jari Mikkonen. “Tak dimungkiri, kami harus selalu menjelaskan dari waktu ke waktu tentang sejarah swastika di AU Finlandia sejak 1918. Logo ini memicu kesalahpahaman dengan para mitra luar negeri kami, jadi untuk terus menggunakannya adalah hal yang tidak perlu dan tidak pantas,” jelasnya, dikutip USA Today, 2 Juli 2020.

Simbol Populer di Militer

Simbol swastika sudah jadi tanda pengenal di pesawat-pesawat Finlandia bersama roundel lingkaran triwarna putih-biru-putih sejak 102 silam. Simbol tersebut jadi bagian sejarah terkait AU Finlandia yang berdiri sejak awal abad ke-20 seiring gejolak Perang Saudara antara kaum merah yang disokong Partai Komunis Rusia dan golongan putih (White Guard) yang didukung Kekaisaran Jerman.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Simbologi Terbaru