Lebih 8 Abad Berdiri, Masjid Kokoh Ini Dibangun Hanya Pakai Kayu Tanpa Paku

Eramuslim – Jika suatu saat jalan-jalan ke Turki, cobalah untuk mengunjungi Masjid Gogceli yang berdiri tegak di Provinsi Samsum, Turki. Tidak akan ada yang bakal menyangka bahwa umur masjid yang dibangun menggunakan kayu tanpa paku ini telah mencapai usia 8 abad lebih.

Dibangun pada tahun 1206 Masehi, masjid yang seluruhnya terbuat dari kayu ini sudah menjadi tempat sujud umat Muslim selama 811 tahun. Tak satu pun paku dipakai untuk melekatkan masjid ini.

Masjid Gogceli merupakan salah satu contoh bangunan dengan gaya arsitektur kayu Anatolia yang paling indah, selain juga merupakan masjid kayu tertua yang ada di Turki.

Walau tak berpaku, masjid ini tidak pernah roboh atau rusak meski diterjang gempa selama delapan abad terakhir. Ini karena lantainya sengaja dibuat tahan gempa.

Keindahan Masjid Gogceli semakin terasa karena motif-motif di dinding bagian dalamnya dicat dengan cat alami yang sampai kini tak luntur.

Imam Masjid Gogceli, Ahmet Ozkose, menceritakan riwayat masjid ini kepada koresponden Anadolu Agency.

Menurut sebuah riwayat, masjid Masjid Gogceli dibangun pada masa Seljuk ini adalah masjid pertama yang dibangun setelah Islam masuk ke Anatolia, pasca pertempuran Manzikert.

“Namun ada sebuah riwayat lain,” lanjut Ahmed. Dalam kisah lain itu, ada beberapa kerajaan kecil dan besar yang melakukan perlawanan terhadap proses pengislaman di wilayah ini.