Sudahkah Anda Rutin Tahajud? Ini 6 Keutamaannya!

3. Sholat Tahajjud Membuat Kita Memperoleh Rahmat Dari Allah SWT

Keutamaan solat tahajud yang ketiga yaitu mambuat kita menjadi orang-orang yang memperoleh rahmat dan hidayah dari Allah SWT.

Abu Hurairah berkata kalau Rasulullah SAW bersabda : “Semoga Allah merahmati laki laki yang bangun malam, lantas melakukan shalat serta membangunkan istrinya. Bila sang istri menampik, ia memercikkan air di berwajah. Juga, merahmati wanita yang bangun malam, lantas shalat serta membangunkan suaminya. Bila sang suami menampik, ia memercikkan air di berwajah. ” (HR. Abu Daud).

” Jika seseorang suami membangunkan isterinya pada malam hari kemarin mereka sholat berjama’ah dua raka’at pasti mereka dicatat termasuk beberapa orang yang banyak mengingat (Allah). ” (HR. Abu Dawud).

4. Waktu Sholat Tahajjud Adalah Waktu Yang Mustajab Untuk Berdoa

Keutamaan solat tahajud yang keempat yaitu menjadi waktu yang mustajab untuk dikabulkanya doa.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda : ” Allah turun ke langit dunia tiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lantas berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku pasti Aku kabulkan! Siapa yang memohon kepada-Ku pasti Saya berikan! Siapa yang memohon ampun kepadakepada- Ku jelas Aku ampuni. Sekianlah kondisinya sampai terbit fajar ” (HR. Bukhari no. 145 serta Muslim no. 758).

Rasulullah SAW Bersabda : “Sesungguhnya pada malam hari, ada satu ketika yang saat seseorang muslim memohon kebaikan dunia serta akhirat, tentu Allah memberikannya, Itu berjalan tiap malam. ” (HR. Muslim).

Sabda yang lain : ” Di saat malam ada satu ketika di mana Allah juga akan mengabulkan doa tiap malam. ” (HR. Muslim No. 757).