Surat Kabar People’s Daily Cina: Barat Penyebab Tindakan Ekstremisme Di Timur Tengah

musim semi arabSurat kabar terbesar di Cina, People’s Daily, menyebut negara-negara Barat adalah sumber pemicu ekstremisme di Timur Tengah dengan mendukung gerakan oposisi terhadap pemerintah, seperti dilansir kantor berita Reuters.

Menurut surat kabar resmi Partai Komunis Cina ini, dukungan negara-negara Barat terhadap gerakan oposisi di Timur Tengah kini menimbulkan efek sebaliknya dari yang diharapkan, dan menyatakan “Ini seperti seseorang yang memelihara harimau kemudian harimau tersebut berbalik menyerangnya.”

Hal ini diungkapkan ditengah kekhawatiran pemerintah Cina akan menyebarnya pengaruh organisasi Negara Islam di provinsi Xinjiang, yang mayoritas penduduknya beragama Muslim.

Perlu diketahui bahwa warga Muslim di provinsi Xinjiang mengalami perlakuan diskriminatif oleh pemerintah Cina, dan menganggap warga Muslim di sana sebagai calon teroris.

Selain Rusia, Cina adalah salah satu negara besar yang mengecam upaya Barat untuk mempersenjatai kelompok-kelompok revolusioner moderat untuk menggulingkan pemerintah Suriah. (Rassd/Ram)