free hit counters
 

5 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Mengubah Dunia

zahid – Kamis, 2 Safar 1441 H / 3 Oktober 2019 13:00 WIB

Eramuslim – Islam memainkan peran penting dalam perkembangan ilmu sains di dunia. Ada banyak sekali penemuan-penemuan penting yang berhasil dikembangkan oleh ilmuwan muslim sejak berabad-abad silam.

Bahkan beberapa di antaranya masih relevan hingga sekarang. Tak pelak bila banyak kritikus yang mengklaim bahwa kemajuan peradaban manusia saat ini tidak terlepas dari kontribusi para ilmuwan muslim.

Lantas, apa saja penemuan-penemuan hebat ilmuwan muslim yang berhasil mengubah dunia? Berikut beberapa di antaranya, seperti dilansir Okezone dari About Islam, Rabu (2/10/2019).

1. Kopi



Lebih dari 1,6 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari di seluruh dunia. Namun masih banyak yang belum mengetahui bahwa asal usul kopi berkaitan erat dengan sejarah Islam.

Menurut para ilmuwan, kopi telah ditemukan pada abad ke-14 di Yaman dan Semenanjung Arab. Minuman ini pertama kali dipopulerkan oleh seorang gembala (ada yang mengatakan dari Yaman ada pula yang mengatakan dari Ethiopia) yang menyadari bahwa kambing-kambingnya menjadi sangat energik dan bersemangat ketika memakan biji kopi.

Ia kemudian berinisiatif untuk mencobanya sendiri, dan ternyata hasilnya benar-benar sangat luar biasa. Seiring berjalannya waktu, biji kopi mulai diolah melalui sejumlah proses perendaman, pemanggangan (roasting), hingga fermentasi untuk meningkatkan kadar asamnya.

Belum diketahui secara pasti apakah kisah gembala ini benar-benar terjadi atau tidak, sejarah mencatat bahwa kopi memang telah ditemukan di dataran tinggi Yaman hingga ke daerah kekaisaran Ottoman Turki pada abad ke-15.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5

Tahukah Anda Terbaru

blog comments powered by Disqus