5 Peristiwa Penting di Bulan Rajab

Eramuslim – Bulan Rajab merupakan salah satu bulan istimewa bagi umat Islam. Pada bulan ini umat Islam berlomba-lomba dalam kebaikan, karena pada waktu tersebut Allah SWT menjanjikan berbagai ganjaran kebaikan.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, sebelum masa kenabian, bulan Rajab menjadi bulan yang diistimewakan diagungkan, dimuliakan oleh kaum Quraisy, bangsa Arab.

Rajab biasa juga disebut ‘Al-Ashabb‘ (الأصب) yang berarti ‘yang mengucur atau menetes.

“Dijuluki demikian karena derasnya tetesan kebaikan pada bulan ini,” terang Ustadz Ainul Yaqin, Senin (24/2/2020).

Rajab juga disebut ‘Al-Ashamm‘ (الأصم) atau ‘yang tuli’, tidak boleh ada bunyi senjata perang. Rajab adalah ‘Rajam‘ (رجم) yang bermakna melempari setan sebagai bukti perlawanan kita kepada mereka.

Selain banyaknya pahala yang melimpah di bulan Rajab, pada waktu tersebut juga terjadi peristiwa-peristiwa besar dan bersejarah bagi Islam.

Ini lima peristiwa besar di bulan Rajab yang perlu kamu ketahui:

1. Isra Mi’raj

Isra Mi’raj adalah mukjizat yang diterima Nabi Muhammad SAW. Peristiwa besar ini adalah perjalanan selama satu malam yang dilakukan oleh Rasulullah ke langit. Hal itu diawali dengan berangkatnya Nabi bersama Malaikat Jibril dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.

Kemudian Nabi Muhammad atas izin Allah naik ke atas langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi di langit. Selama perjalanan menuju langit, Nabi diperlihatkan keindahan surga dan kekejaman neraka. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab.

2. Allah SWT mewajibkan umat Islam salat lima waktu

Pada peristiwa Isra Mi’raj Rasulullah SAW juga mendapat perintah dari Allah SWT untuk mengerjakan salat lima waktu untuk pertama kalinya. Hingga detik ini salat adalah ibadah yang wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Islam sebagai tiang utama agama.