free hit counters
 

Bekerja Sebentar Tapi Efektif, Kiat Orang Sukses

Redaksi – Rabu, 18 Jumadil Akhir 1439 H / 7 Maret 2018 07:00 WIB

Eramuslim.com – Hari ini Gabriel Garcia Marquez, penulis cum jurnalis asal Kolombia berulang tahun. Jika ia masih hidup, usianya kini genap 91 tahun.

Gabo, begitulah Marquez dikenal, lahir di Aracataca, Kolombia, pada 6 Maret 1927. Sebelum tutup usia di Meksiko pada 17 April 2014, Gabo telah mencatatkan namanya sebagai peraih Hadiah Nobel Kesusastraan tahun 1982.

Banyak karya yang telah ia buat. Salah satu yang paling memukau adalah novelnya yang berjudul ‘Cien años de soledad’ atau dalam bahasa Inggris berjudul ‘One Hundred of Solitude’. Di Indonesia, buku tersebut juga telah diterjemahkan dengan judul ‘Seratus Tahun Kesunyian’.

Meski Gabo telah meninggal, karya-karyanya tak lekang oleh zaman. Banyak orang dari berbagai generasi di seluruh dunia masih membaca dan mengagumi karya-karya tulisnya.

Maka wajarlah jika pada hari ini Google ikut merayakan hari ulang tahun ke-91 Gabo melalui Google Doodle. Di Google Doodle tampak ilustrasi sosok Gabo yang didampingi dengan ilustrasi berwarna-warni lainnya.

Ada satu hal yang mungkin patut kita pelajari dari sosok Gabo, yakni bagaimana ia bisa bekerja dalam waktu yang tidak berlama-lama namun efektif.

Menurut hasil studi yang telah dipublikasikan di jurnal Nautilus, Gabo hanya menulis selama empat hingga lima jam per hari. Dan rupanya menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Alex Soojung-Kim Pang itu, banyak tokoh besar sukses lainnya juga bekerja dalam waktu yang sebentar, tidak ngoyo dan tidak berlama-lama.

Charles Darwin adalah salah satunya. Menurut hasil penelitian tersebut, salah satu ilmuwan paling berpengaruh di dunia itu hanya bekerja selama sekitar empat jam per hari dan ia masih bisa untuk menulis “salah satu buku yang mungkin paling terkenal dalam sejarah sains.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5

loading...

Tahukah Anda Terbaru

blog comments powered by Disqus