Bekerja Sebentar Tapi Efektif, Kiat Orang Sukses

Pang juga menyebutkan lama waktu kerja banyak tokoh besar lainnya. Antara lain ia merinci, Ernest Hemmingway hanya bekerja selama sekitar enam jam per hari, Stephen King mengatakan bekerja di atas empat jam itu “berat”, dan Alice Munro sang peraih Hadiah Nobel Kesusastraan tahun 2014 bekerja tiga jam per hari.

Para tokoh besar itu bukanlah malas, melainkan efisien, begitulah kira-kira kata yang tepat dalam menunjukkan produktivitas mereka.

Pada dasarnya, sebagaimana dikutip dari CNBC, secara sains setiap orang bisa melakukan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih sedikit. Bila Anda bekerja terlalu lama, bisa jadi Anda sedang menahan diri Anda sendiri.

Cara Bekerja Efektif

Gabo dan tokoh-tokoh besar lainnya telah menunjukkan bahwa kita tidak perlu bekerja berlama-lama untuk menghasilkan karya-karya yang besar. Namun yang lebih penting, bekerjalah secara efektif.

Meski begitu, sebelum Anda mengurangi jam kerja Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dulu, yakni terkait bagaimana caranya bekerja secara efektif.

Psikolog Karl Anders Ericsson pernah mengadakan sebuah studi untuk mengetahui apa yang membedakan siswa biola terbaik dengan yang siswa lainnya di Konservatorium Berlin.